Senin, 19 Desember 2011

Teenegers Life [Uncensored]


Kali ini saya akan mencoba membuat sebuah artikel sebagai proses pembelajaran saya dalam menulis artikel, artikel yang akan saya buat bertema tentang "kehidupan remaja", semoga artikel kali ini menjadi artikel yang menarik, enak untuk dilihat, dibaca dan yang pasti bermanfaat bagi kita semua.

Apakah kalian tau tentang arti masa remaja ? Masa remaja itu adalah masa dimana seseorang sudah mempunyai keinginan untuk menentukan nasib dirinya sendiri akan kemana diri mereka nanti, kalau mereka terarah dengan baik, pastinya mereka akan menjadi orang-orang yang bertanggung jawab, atau mungkin juga menjadi orang yang sukses. Nah, kalau mereka engga terarah dengan baik mereka bisa bisa menjadi seorang yang ga bertanggung jawab atau tidak mempunyai masa depan yang baik, gimana? apa kalian mau jadi orang yang ga bertanggung jawab? pasti engga mau kan?. Masa remaja juga bisa dibilang sebagai masa transisi atau peralihan dari anak-anak menuju dewasa, masa remaja biasanya berlangsung antara 10 - 21. oh iya, dari usia tersebut juga masih dibagi tiga lagi loh, yaitu masa remaja awal dari 10-15 tahun, masa remaja pertengahan 15 – 18 tahun, dan masa remaja akhir 18 – 21 tahun.

Tapi ada juga orang-orang yang berpendapat kalau masa remaja itu masanya seneng-seneng, ada yang bilang masa paling indah, masa yang penuh dengan kenangan manis bahkan ada yg bilang masa masa galau, tapi ada juga yang bilang masa remaja itu masa masa berinspirasi, berkreasi dan meng-explore kemampuan yang ada pada diri kita atau ada juga yang bilang masa masa mencari jati diri. gimana? setuju ga kalian sama pendapat-pendapat diatas?

Kalo ngomong tentang remaja tuh jadi keinget nih seseorang yaitu Mba Nofia Fitri, apa kalian kenal beliau? Beliau adalah seorang mahasiswa Indonesia yg pernah kuliah di Turkey, beliau aktif menulis seputar politik dan hacking computer, dan ini salah satu kata"nya yg mungkin bisa memotivasi kalian hey para remaja. encem
"Aku adalah generasi muda, menjadi bagian dari "Agent of Change" tanah air. Misiku sangat berat, bertanggung jawab atas nasib bangsa INDONESIA kedepan. Kelak aku akan menjadi pemimpin, menjadi bagian dari pembuat kebijakan atau yang menjalankan. Aku adalah 'pemain' yang akan berupaya sekuat tenaga merealisasikan apa yang terbaik untuk bangsaku"
Gimana? keren gak kata"nya?. Kalau baca kata" itu rasanya ingin merubah Indonesia ini jadi yg lebih baik, tapi back to fact bro, hidup itu ga semudah membalikkan telapak tangan!, untuk melakukan itu kita harus belajar dengan giat tanpa rasa ingin menyerah, tapi itulah tugas kita nanti, bahkan tugas kita para remaja dari sekarang.

Kalau tadi kita udah bahas arti dari masa remaja, sekarang kita bahas apa aja masalah para remaja kini? Kalo diliat liat sih masalah para remaja yang bikin galau, gundah, bingung, pusing , dll , itu cuma berkutik disitu situ aja. Dari masalah dengan teman, masalah percintaan, masalah sekolah, dengan keluarga atau karena masalah emosi diri sendiri yang masih bisa dibilang labil.

1. Masalah dengan Teman

Wah masalah yang ini sih pasti dialamin semua orang yang pernah remaja, kalo tentang masalah ini yang terlihat disekitar si penulis tuh ada sangkut pautnya sama yang namanya SOLIDARITAS, terkadang kita pasti merasa senang punya teman banyak, teman curhat, bercanda ria dengan teman, sampe ngerjain soal atau belajar bareng, tapi terkadang juga pertemanan retak dikarenakan suatu hal sepele dan dari satu pihak ada yang berkata "Ah ga SOLID lo!" arti dari solid itu sendiripun menurut gua juga relatif, tapi kalo menurut saya solid itu ga harus dalam segala hal bersama, tapi ada saatnya kita bersaing dengan teman kita, peduli, perhatian dan membantu teman yang dalam suatu masalah juga menurut gua udah bisa dibilang solid, kenapa dibilang "udah bisa" ? karena dari pengalaman terlalu solid juga ga baik buat persahabatan tanduk.

Ada satu contoh buat permasalahan yang ini, dulu ada suatu kelas yg bisa dibilang solid, mungkin sangat solid dari kelas yg lain, dan itu diakui oleh kelas lainnya. Nah saat kenaikan kelas inilah yang bisa dibilang mulai retaknya suatu kesolid-tan dalam kelas mereka, karena pembagian kelas diacak, udah pasti sebagian dari mereka terpencar ada yang masuk IPS dan ada yang masuk IPA tergantung pilihan mereka, gatau kenapa diantara mereka ada yang menyapa secara langsung di FB atau twitter dengan disertai kata "sombong", yah mungkin maksudnya bercanda.. tapi apa maksud candaan itu? tiap orang pasti berpikiran berbeda tentang kata itu, dari sudut pandang yang lain pun ada yang bilang si A yang sombong, atau si B yang sombong bahkan si C - Z.. itu semua hanya berawal dari suatu sapaan yang kurang enak dilihat dan didengar, yang lebih parah lagi ada diantara mereka yg menganggap sapaan itu dengan serius, pecah lah sudah kata SOLID itu.. dan sampe sekarang mereka sudah jarang bermain bersama, bahkan udah ga pernah lagi merajuk
*jangan ditiru ya fren tanduk

2. Masalah Percintaan

Masalah yang ini nih yang sering juga kejadian diantara remaja, rasanya ada yg kurang dalam kehidupan kalo ga ada kisah cinta. Semua remaja pasti pernah ngalamin yang namanya menyukai, disukai, menyayangi, disayangi, mencintai, dan dicintai, ya seengganya salah satu dari ini pasti udah pernah ngalamin sengihnampakgigi, "nah, terus apa yang mau dibahas tentang percintaan?" Kita bahas dari yang positif sampai ke yang negatifnya . by the way, buat yang jomblo mari kita berdo'a bersama biar cepet dapet pasangannya masing", yang lagi marahan ama pasangannya cepet baikan, hingga yang pegat dan masih mau balikan semoga bisa balikan, yang masih sama pasangannya semoga langgeng teruuuss amin !! hahakenyit. Siapa sih yang ga mau dapet pasangan yang dia mau? namanya juga mau masa iya gamau, kalo pacaran dilihat dari sisi yang positif mungkin biar bisa lebih deket dengan si doi atau biar bisa lebih mengenalnya lebih dalam lagi, ada juga yang biar bisa belajar bareng terus ama doi (jarang nih yang kaya ginisengihnampakgigi), dll. Nah kalo negatifnya banyak tapi disini saya kasih satu aja contohnya, ga usah banyak-banyak takutnya ga sopan nanti hehe:devilishgrin:, hal yang bisa dibilang paling negatif dari masalah percintaan yaitu adalah ML takbole apa coba ML ? tanya aja yah mendingan ama om GOOGLE langsung biar ga penasaran, nah sekarang apa untungnya coba ngelakuin itu? Bisa dibilang cuma enak sesaat doang buat yang cowo dan yang cewe, bisa bisa si cewe hamil gara-gara perbuatan yang tidak terpuji itu. Jangan berani ngelakuin hal kaya gitu diluar nikah deh! Oh iya, bisa dibilang tingkat kehamilan diluar nikah di Indonesia itu ga sedikit, bahkan dilingkungan kita mungkin aja ada yang melakukan hal seperti itu.sedih

3.Masalah Sekolah

Masalah kaya gini udah biasa, ga sedikit anak yang punya masalah sekolah, entah ga bisa sekolah gara-gara ga ada biaya, atau yang udah bisa sekolah tapi malah cabut-cabutan karena bete dengan pelajaran yang lagi diajarin atau males dengan gurunya, kali ini saya mengutip lagi kata-kata dari Mba Nofia
"Generasi muda adalah tonggak berdirinya suatu bangsa, jika mereka kokoh maka kokohlah suatu banga"
nah gimana Indonesia mau kokoh kalo banyak yg cabut-cabutan, masalah ini ga cuma buat kita para pelajar aja sebenernya, orangtua, guru dan pemerintah pun bersangkutan dalam masalah ini dengan bagaimana memusnahkan kebiasaan ini encem, cara yang paling mudah mungkin balik lagi ke diri sendiri, mau jadi apa nanti setelah lulus, mau mengatur hidup orang atau diatur oleh orang, mau mempekerjakan orang apa mau di kasih kerja ama orang ?, sekali lagi "back to yourself brother" saya menulis seperti ini bukannya karena gak pernah cabut, tapi karena saya pun pernah merasakan yang namanya cabut jelir, oh iya, salah satu faktor masalah cabut-cabutan juga karena guru yang ga enak mengajarnya, coba semua guru itu kalo mengajar dengan santai, gampang dimengerti, baik, bisa diajak bercanda, cara mengajarnya dengan cara yang berbeda tentunya yang menarik, ya seengganya salah satu dari ini ada pada guru tersebut pasti bisa mengurangi masalah anak yang cabut-cabutan.

4. Masalah dengan Keluarga

Hal yang kaya gini yang harusnya ga dibawa-bawa kesekolah, terkadang masih ada yang bawa masalah keluarga ke sekolah, misal lagi ada masalah sama keluarganya terus disekolah jadi bengong, ngelamun, marah-marah ketemen-temen tanpa alasan yang jelas, cukup perlihatkan di keluarga sendiri aja deh biar privasi juga aman, atau curhat ke pacar atau teman, itu juga sebaiknya jangan juga, curhatnya ke saudara yang lain aja, kan gak mungkin bermasalah sama semua anggota keluarga besar, ya kan? sengihnampakgigi

5. Masalah Emosi

Emosi para remaja emang kebanyakan belum stabil, tapi masih labil, itu dia makanya ada julukan "ABABIL" abg labil kepanjangannyaencem, meski belum bisa mengontrol emosi sepenuhnya tapi kita bisa sambil belajar untuk mengontrolnya dan gak usah dibawa pusing, gak usah dipikirin, soalnya pasti kita akan berkembang seiring dengan berjalannya waktu, dan kita pun tambah dewasa tanpa disadari. hal yang parah itu pas lagi emosian biasanya suka diluapkan pada temen atau orang lain, kalo ketemen lebih parahnya bisa sampe berantem buat yang cowo, babak belur aja yang ada, tapi ga dapet apa apa, rugi bro.

Remaja yang Positif?

Terus gimana caranya agar kita menjadi remaja yang berfikir positif? caranya gampang, lakukan kegiatan yang berbau positif, contohnya seperti belajar bersama teman-teman, mengaji atau membaca Al-quran, berolahraga dan berbisnis bersama teman-teman juga menurut saya adalah suatu hal yang positif dari beribu-ribu hal positif lainnya, semua hal itu bisa juga dilakukan secara individu atau perorangan tapi semua itu akan menjadi hal positif apabila didasari dengan niat yang positif juga tentunya. Remaja yang berfikir positif juga adalah remaja yang dapat mengembangkan potensial pada dalam dirinya yang masih terpendam agar menjadi suatu potensi yang bermanfaat bagi diri sendiri dan sekitarnya, misal contohnya yang suka dengan sepak bola jika dikembangkan terus siapa tau nanti dia bisa menjadi pemain yang bertaraf internasional dan bisa memperkuat timnas Indonesia, atau yang suka dengan komputer bisa juga mempelajari tentang hardware dan softwarenya, siapa tau nantinya bisa membuat sebuah komputer sendiri atau membuat sebuah antivirus, sebuah jejaring sosial seperti Facebook atau twitter, dan masih banyak contoh lainnya, tapi ingat ! semua itu harus didasari oleh niat yang positif.

"Ada jiwa pemberontakan dalam diri anak muda, itulah yang kupercaya bahwa kita diciptakan untuk merubah dunia. Masa depan bukan soal siapa yang telah menciptakan hari kemarin, melainkan siapa yang akan merubah hari esok. Karenanya kau bukan generasi muda jika tidak mampu menggores sejarah dengan menciptakan masa depan untuknya"

Itu adalah sebuah kalimat penyemangat terakhir untuk menutup sebuah artikel yang saya buat kali ini, mungkin di postingan berikutnya saya akan membahas lebih lebar lagi tentang kehidupan remaja (siapa tau). 

Good Bye~

2 komentar:

artikelnya bagus gan..
Follback : SUCCESS

Visit, follow, and komen yaaa..
in http://www.faktakita.com/2011/12/resolusi-juara-2012.html

Thanks^^

hehe makasih omz :D .. oke saya ke TKP gan hehe

Posting Komentar