Sabtu, 26 Februari 2011

Block Cipher dan Stream Cipher

Saya mencoba belajar kriptografi, ternyata ga mudah! saya berkata seperti itu karena skill saya yg msh bisa di bilang "newbie". Jadi disini saya hanya share, kalo ada master master yg lewat boleh ko di tambain hehe :)


Block Cipher


Block-cipher adalah skema algoritma sandi yang akan membagi-bagi teks terang yang akan dikirimkan dengan ukuran tertentu (disebut blok) dengan panjang t, dan setiap blok dienkripsi dengan menggunakan kunci yang sama. Pada umumnya, block-cipher memproses teks terang dengan blok yang relatif panjang lebih dari 64 bit, untuk mempersulit penggunaan pola-pola serangan yang ada untuk membongkar kunci. Untuk menambah kehandalan model algoritma sandi ini, dikembangkan pula beberapa tipe proses enkripsi, yaitu :

  • ECB, Electronic Code Book
  • CBC, Cipher Block Chaining
  • OFB, Output Feed Back
  • CFB, Cipher Feed Back

Stream-Cipher 

Stream-cipher adalah algoritma sandi yang mengenkripsi data persatuan data, seperti bit, byte, nible atau per lima bit(saat data yang di enkripsi berupa data Boudout). Setiap mengenkripsi satu satuan data di gunakan kunci yang merupakan hasil pembangkitan dari kunci sebelum.

0 komentar:

Posting Komentar