Jumat, 28 Januari 2011

Mengapa Photoshop Tidak Menyediakan Metadata yang Aman

Artikel yang menjelaskan mengapa Photoshop tidak menyediakan metadata yang aman.
Meskipun telah diperbaharui dengan fitur-fitur baru dan semakin lengkap, banyak pengguna Photoshop yang menanyakan mengapa Adobe tidak menambahkan sebuah fitur baru dimana pengguna Photoshop dapat menambahkan copyright dan beberapa informasi lainnya pada file kemudian mengunci file tersebut. Dari tahun ke tahun, banyak sekali Fotografer yang meminta fitur seperti ini ditambahkan dalam Photoshop.
Sayangnya ada alasan yang tepat mengapa fitur ini tidak ditambahkan. Jika anda tertarik lebih jelas simaklah penjelasan dari perancang Photohop, Russell Williams berikut ini.
Saya mengerti apa yang anda cari yaitu sebuah cara dalam mendistribusikan foto/gambar anda sehingga tidak ada orang yang bisa menghilangkan copyright didalamnya. Ada sebuah cara yang bisa digunakan untuk melakukan itu yaitu dengan melekatkan copyright dalam image menggunakan watermark, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Kelemahan dari watermark yang terlihat adalah dalam penggunaannya dalam manipulasi gambar.
Dengan menggunakan watermark berarti anda sudah dapat membuat copyright yang tidak dapat dihilangkan menggunakan Photoshop dan karena itu tidak logis untuk meletakkan sebuah peringatan copyright dalam metadata (tidak diletakkan dalam image) sehingga tidak dapat dihilangkan.
Jika gambar/foto dapat diakses oleh siapapun, tidak ada cara untuk memaksa mereka untuk tetap meletakkan peringatan copyright didalamnya. Ada banyak sekali program yang dapat membuka dan menyimpan ulang file-file JPEG, TIFF, atau bahkan PSD. Itu bukan sesuatu yang sulit untuk memproduksi ulang file-file tersebut tanpa ada copyright didalamnya. Tentunya tidak ada cara untuk menghalangi seseorang untuk menggunakan program-program tersebut.
Jadi, berikan file foto/gambar anda dengan full resolution hanya kepada orang-orang yang anda percayai karena hanya mereka yang memegang versi full resolusinya saja yang dapat menghilangkan metadata tersebut. Anda dapat membuat dua versi bersamaan dimana versi yang satu telah dienskripsi dan yang lainnya tidak. Resolusi rendah untuk versi yang tidak terenskripsi dan resolusi tinggi untuk versi yang terenskripsi atau watemark terlihat untuk versi yang tidak terenskripsi dan tanpa watermark untuk versi yang terenskripsi.

0 komentar:

Posting Komentar